Tuesday, July 14, 2015

Mengenal Kuliah dan Kampus

ARTI KULIAH
Kuliah dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti (1) sekolah tinggi, (2) pelajaran yang diberikan di perguruan tinggi, (3) mengikuti pelajaran di perguruan tinggi, (4) ceramah.


Beberapa istilah yang menggunakan kata kuliah diantaranya:
  • Kuliah kerja, yaitu belajar sambil praktik (di laboratorium dan sebagainya) dengan bimbingan dosen
  • Kuliah kerja nyata, yaitu mempraktikkan ilmu yang diterima di bangku kuliah secara langsung di tengah-tengah masyarakat
  • Kuliah lapangan, yaitu kuliah langsung praktik di lapangan yang sesuai dengan keahlian bidang ilmu yang dituntut
  • Kuliah Ramadan, yaitu ceramah agama yang diberikan pada bulan Ramadan
  • Kuliah Subuh, yaitu ceramah agama yang diberikan sehabis salat Subuh
  • Kuliah umum, yaitu ceramah tentang masalah tertentu yang boleh dihadiri oleh mahasiswa dari berbagai jurusan.
Umumnya kuliah dilakukan di suatu tempat belajar (seperti sekolah pada umumnya) yang disebut dengan “Kampus”. Sistem perkuliahan juga hampir sama dengan sekolah, namun dengan beberapa prosedur tertentu yang ditetapkan oleh penyelenggara perkuliahan. Dalam perkuliahan dikenal istilah KRS, SKS, IP/IPS, dan IPK. Berikut penjelasannya:
  • Kartu Rencana Studi (KRS), yaitu rekaman mengenai mata kuliah yang diambil dalam satu semester. Anda dapat merencanakan sendiri mata kuliah yang akan diambil di semester tersebut dengan berkonsultasi dengan dosen wali atau Dosen Penasehat Akademik.
  • Satuan Kredit Semester (SKS). Tidak seperti di SMA di mana semua pelajaran sudah dipaketkan hingga lulus, di perguruan tinggi, dengan SKS memungkinkan mahasiswa memilih sendiri mata kuliah yang akan diambil dalam satu semester. Tapi, untuk mahasiswa baru di kampus ini, saat semester pertama biasanya sudah diberikan satu paket mata kuliah, antara 21-23 SKS.Untuk lulus hingga S-1, Anda membutuhkan sekira 144-160 SKS, sementara untuk program diploma diperlukan 110-120 SKS. Setiap mata kuliah memiliki bobot SKS berbeda. Ada mata kuliah yang berbobot satu, dua, tiga, maupun empat SKS. Jumlah SKS yang dapat diambil masing-masing mahasiswa di tiap semester juga bisa jadi tidak sama, mulai 16 hingga 24 SKS. Batasan yang diberikan pihak kampus mengenai SKS yang harus diambil tiap semester berkaitan erat dengan Indeks Prestasi Semester (IPS) yang Anda raih di semester sebelumnya.
  • Indeks Prestasi Semester (IPS) atau dikenal dengan Indeks Prestasi (IP), yaitu hasil rerata nilai prestasi tiap-tiap mata kuliah dalam satu semester. IP bisa dilihat di Kartu Hasil Studi atau KHS, yaitu seperti raport semesteran mirip seperti saat sekolah SMA dulu, hanya saja bentuknya yang berbeda berupa selembar kertas berisi nilai huruf yang dikeluarkan pihak kampus.
  • Indeks Prestasi Komulatif (IPK), catatan prestasi tiap-tiap mata kuliah selama menempuh studi, dari semester pertama sampai terakhir. Ibarat nilai rapor saat duduk di bangku SMA. Nilai IPK mulai dari 1,00 (satu koma nol nol) hingga 4,00 (empat koma nol nol). Jika mampu konsisten meraih IP 3,5 di setiap semester hingga lulus, maka Anda akan dinobatkan sebagai mahasiswa berprestasi dengan predikat cumlaude.
Salah satu model kuliah yang mulai populer saat ini yaitu kuliah online. Kuliah online ini merupakan salah satu sarana pembelajaran interaktif, dimana para dosen dan para mahasiswa dapat berkomunikasi dengan menggunakan media internet.

Para dosen dapat memberikan materi, baik berupa file, video, tulisan ataupun materi-materi kuliah dalam bentuk dokumen lainnya, memberikan informasi-informasi penting kepada para mahasiswanya, membaca dan memberikan jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan yang diberikan para mahasiswanya, dan memasukan soal-soal ujian juga menentukan waktu berlakunya ujian untuk para mahasiswanya. Sedangkan untuk para mahasiswa, dapat memilih kelas, dan mata kuliah yang akan diikuti, mahasiswa bisa mendapatkan materi perkuliahan berupa file atau bacaan dari dosen yang bersangkutan, mengirimkan pertanyaan kepada dosen mata kuliah tersebut, mengirimkan kontak pada mahasiswa lain, melihat informasi dari dosen yang bersangkutan, dan melakukan ujian pada waktu yang telah ditetapkan.Beberapa Universitas/Institusi yang menyelenggarakan kuliah online yang ada di Indonesia diantaranya:
  • Institut Teknologi bandung (ITB). Alamat web: http://kuliah.itb.ac.id/
  • Universitas Indonesia (UI).
  • Universitas Gadjah Mada (UGM).
  • Institut Teknologi Surabaya (ITS). Alamat web: http://share.its.ac.id/
  • Universitas Wiraswasta Indonesia (UWIN). Alamat web: http://online.uwin.ac.id/
  • Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM). Alamat web: http://kuliahonline.unikom.ac.id/
  • Universitas Bina Nusantara (BINUS University). Alamat web: http://onlinelearning.binus.ac.id/

No comments:

Post a Comment