Thursday, January 28, 2016

Tugas Basis Data - Database Tokopedia

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Selamat malam newbie reader! Selamat malam juga bapak dosen Basis Data I (Mr. Joxmin), maaf nih baru bisa posting tugasnya, kemarin ada kecelakaan laptop yang tak terduga. Ok, langsung saja kita simak laporannya, cekidot!
Postingan ini adalah salah satu bentuk laporan tugas UAS Basis Data I, sebenarnya ini termasuk laporan yang agak telat tapi bukan tanpa alasan, musibah harddisk laptop error sampai semua dokumen C, D, dan E bersih tak tersisa memang cukup menyita waktu, tenaga, pikiran, dan perasaan sehingga terpaksa laporan baru bisa diposting sekarang.
Saya langsung saja kepada pokok pembahasan yaitu “membuat database toko online” menggunakan xampp >> mysql, kali ini yang jadi korban adalah TOKOPEDIA (karena dipesenin barang terus dicuekin begitu saja, nggak dibayar, jangan ditiru ya newbie reader). Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Lakukan transaksi di tokopedia (cara detailnya dicari sendiri ya!) kemudian nota pesanan di screenshoot saja. Berikut ini contoh screenshoot transaksi (abal-abal) saya:

Nota Pembelian Xiaomi Redmi 3
Nota Pembelian Lenovo G40-80

2. Kemudian buatlah database dari nota tersebut dengan pengelompokan data (kelompok data yang saya buat ada tiga, yaitu data barang, data pembeli, dan data transaksi tokopedia). Berikut capturnya:
Tabel Data Barang
Tabel Data Pembeli
Tabel Transaksi Tokopedia
3. Langkah selanjutnya buatlah normalisasi data dari nota transaksi tokopedia (normalisasi yang saya buat hanya sampai pada normalisasi kedua).
Normaliasi data pertama dan kedua
4. Setelah itu kita buat tabel databasenya di mysql, dalam postingan saya kali ini saya membuatnya menjadi tiga tabel, yaitu tabel barang, tabel pembeli, dan tabel transaksi tokopedia.
Database Barang
Database Pembeli
Database Transaksi Tokopedia
5. Langkah terakhir adalah membuat relationship (hubungan) antartabel dengan menjadikan kolom kode pada tabel sebagai primary key (kunci utama), dalam hal ini saya menjadikan kolom kode pada tabel barang dan tabel pembeli sebagai primary key, kemudian kode-kode pada kedua kolom tersebut saya masukkan sebagai kunci tamu pada tabel transaksi tokopedia, sehingga setiap kunci tamu pada tabel transaksi tokopedia akan merujuk pada primary key pada masing-masing tabel barang dan tabel pembeli. Hasilnya, relationship menjadi sebagai berikut:
Relationship Database Barang, Pembeli, dan Transaksi Tokopedia

Demikian postingan sederhara tentang cara membuat database toko online. Artikel ini hanya membahas tentang cara membuat database dari sebuah toko online, adapun cara membuat database menggunakan mysql akan dibahas pada postingan yang lain, semoga bermanfaat dan bisa segera terealisasikan postingan selanjutnya.
Terimakasih atas kunjungannya, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

3 comments: