Saturday, January 30, 2016

Software - WPS Office 2016

Selamat malam newbie reader! Kali ini saya ingin memberitahukan kepada Anda yang sedang mencari alternatif Microsoft Office untuk pengolah kata, angka, dan presentasi yang gratis dan support berbagai platform sistem operasi, baik untuk PC maupun smartphone. Ini dia, WPS Office 2016, yang merupakan produk unggulan dari Kingsoft Office yang bisa Anda download di situs resminya www.wps.com.
Situs Resmi WPS Office
Software office yang satu ini merupakan salah satu software office gratis yang paling populer pada platform Android dan iOS (untuk Windows masih dipegang Microsoft Office dan untuk Linux kayaknya dipegang Libre Office).

Software ini merupakan produk unggulan dari KINGSOFT Office yang didirikan pada tahun 1989. Website resminya menyebutkan bahwa “KINGSOFT Office adalah pengembang global terkemuka untuk solusi perangkat lunak office, mengembangkan aplikasi produktivitas untuk pasar konsumen dan perusahaan. Dengan lebih dari 1 miliar pengguna terdaftar di seluruh dunia, produk unggulannya WPS Office (“alternatif Microsoft Office terbaik…” – CNET) adalah salah satu dari paket aplikasi office lintas platform yang mendukung iOS dan Android, sebagaimana juga PC Windows dan Linux.”

WPS Office ini memiliki tiga aplikasi, yaitu Writter untuk pengolah kata, Spreadsheet untuk pengolah angka, dan Presentation untuk presentasi.
Tampilan WPS Writter
Tampilan WPS Spreadsheet
Tampilan WPS Presentation
Masalah performa, untuk software office gratisan, cukup memuaskan dan bisa diandalkan karena dukungan ekstensi yang lengkap, kemampuan editing yang baik dan mudah, dukungan menu yang lengkap, rapi, dan elegan, serta ringan dalam penggunaan.

Software ini tersedia gratis untuk sistem operasi iOS, Android, (sudah ada di App Store dan Google Play) Linux, dan Windows. Khusus Windows (untuk saat ini) yang tersedia di website resminya ada beberapa versi yaitu WPS Office 10 Free, WPS Office 10 Premium, WPS Office 2016 Beta, WPS Office 2016 Free, dan WPS Office 2016 Premium/Business Edition. Versi premiumnya seharga $44.99 (langganan pertahun) dan $79.00 (lisensi selamanya).
Tarif WPS Office Premium/Business Edition
Secara pribadi saya sangat merekomendasikan penggunaan software ini karena sangat kompatibel dengan Microsoft Office, lebih ringan dalam ukuran file (hanya sekitar 78 MB) dan penggunaannya, memiliki tampilan yang rapi dan modern (sebelas duabelas lah dengan Microsoft office 2010 dan 2016), dan tentunya terdapat versi gratis untuk Windows (tahu sendiri kan kalau kebanyakan aplikasi windows mahal).

Sekian dulu perkenalan WPS Office 2016, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin memiliki software office yang gratis dan legal (yah itung-itung mengurangi tingkat pembajakan software di Indonesia).

No comments:

Post a Comment