Sunday, September 20, 2015

Tugas Basis Data I - Mengenal Basis data

A. Definisi

(1) Basis data (database) adalah kumpulan terorganisasi dari data-data yang berhubungan sedemikian rupa sehingga mudah disimpan, dimanipulasi, serta dipanggil oleh pengguna. (2) Basis data adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. (3) Basis Data adalah suatu kumpulan data terhubung yang disimpan secara bersama-sama pada suatu media, yang diorganisasikan berdasarkan sebuah skema atau struktur tertentu, dan dengan software untuk melakukan manipulasi untuk kegunaan tertentu.

Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS). Sistem basis data dipelajari dalam ilmu informasi. Perangkat lunak inilah(disebut Database Management System(DBMS)) yang akan menentukan bagaimana data diorganisasikan, disimpan, diubah, dan diambil kembali serta menerapkan mekanisme pengamanan data, pemakaian data secara bersama, pemaksaan keakuratan/konsistensi data, dan sebagainya.

B. Bagian-Bagian dalam Basis Data
1. Data. Data adalah fakta-fakta tentang segala sesuatu didunia nyata yang dapat direkam dan disimpan pada media komputer. Secara sederhana data adalah representasi dari fakta mengenai suatu objek atau kejadian. Data dapat berupa file, tabel, indeks, dan sebagainya. Cotoh data: data mengenai biodata, nomor induk, dan nilai mahasiswa; data mengenai nama, jumlah, dan harga barang di supermarket.
2. Informasi. Informasi adalah data yang telah diolah sedemikian rupa sehingga memiliki makna tertentu bagi pengguna. Contoh informasi: informasi mahasiswa UNISNU yang memiliki NIM 141240000233, informasi mengenai harga sepatu di toko Duta Mode.
3. Skema. Skema adalah penjelasan terstruktur dari jenis fakta yang tersimpan di dalamnya. Skema menggambarkan objek yang diwakili suatu basis data dan hubungan di antara obyek tersebut.
4. Model Basis Data. Model Basis Data adalah kumpulan dari konsepsi basis data yang biasanya mewakili struktur dan relasi data yang terdapat pada suatu basis data. Esensi sebuah model basisdata adalah tempat dimana data atau suatu metodologi untuk menyimpan data. Kita tidak dapat melihat model basisdata tetapi kita dapat melihat algoritma yang digunakan oleh model basisdata tersebut.

C. Bahasa Basis Data.
Terdapat dua jenis bahasa komputer yang digunakan saat kita ingin membangun dan memanipulasi sebuah basis data, yaitu:
1. Data Definition Language (DDL)
Data definition language (DDL) adalah sintaks mirip dengan bahasa pemrograman komputer untuk mendefinisikan struktur data, terutama skema database.
2. Data Manipulation Language (DML)
Data manipulation language (DML) adalah keluarga dari elemen sintaks mirip dengan bahasa pemrograman komputer yang digunakan untuk memilih, memasukkan, menghapus dan memperbarui data dalam database.

D. Perancangan Basis Data
Perancangan basis data merupakan upaya untuk membangun sebuah basis data dalam suatu lingkungan bisnis. Untuk membangun sebuah basis data terdapat tahapan-tahapan yang perlu dilalui yaitu:
1. Perencanaan basis data
2. Mendefinisikan sistem
3. Analisa dan mengumpulkan kebutuhan
4. Perancangan basis data
5. Perancangan aplikasi
6. Membuat prototipe
7. Implementasi
8. Konversi data
9. Pengujian
10. Pemeliharaan operasional

E. Manfaat Basis Data
Basis data yang diolah dengan manajemen yang baik akan dapat menghasilkan keuntungan sebagai berikut:
1. Kecepatan dan Kemudahan
2. Kebersamaan Pemakaian
3. Pemusatan Kontrol Data
4. Efisiensi Ruang Penyimpanan
5. Keakuratan
6. Ketersediaan
7. Kelengkapan
8. Keamanan
9. Kemudahan dalam Pembuatan Program Aplikasi Baru
10. Kebebasan Data
11. User View

F. Perangkat Lunak Basis Data
Perangkat lunak basis data yang banyak digunakan dalam pemrograman diantaranya adalah:
1. Microsoft SQL Server
2. Oracle
3. Sybase
4. Interbase
5. XBase
6. Firebird
7. MySQL
8. PostgreSQL
9. Microsoft Access
10. dBase III
11. Paradox
12. FoxPro
13. Visual FoxPro
14. Arago
15. Force
16. Recital
17. dbFast
18. dbXL
19. Quicksilver
20. Clipper
21. FlagShip
22. Harbour
23. Visual dBase
24. Lotus Smart Suite Approach
25. db2
26. MongoDB

Sekian sedikit pembahasan tentang basis data, kalau saya sudah dapat referensi yang lebih banyak lagi, insya-Allah akan saya revisi. Byee...
Source: Berbagai sumber

No comments:

Post a Comment